10.0.0.1

Advertisements

Untuk membuka halaman login silahkan ketik alamat IP 10.0.0.1 di URL web browser yang kamu gunakan, atau buka halaman login router.

Note: Jika tombol di atas tidak berhasil artinya default gateway yang digunakan bukanlah alamat IP tersebut, dan kalian hanya bisa membuka halaman login router jika masuk ke jaringan yang sama.

Penulisan IP yang salah adalah 10.0.0.0.1

 

Default Login untuk 10.0.0.1

IP Address10.0.0.1
Username:admin
Password:admin
IP Address10.0.0.1
Username:admin
Password:password
IP Address10.0.0.1
Username:cusadmin
Password:highspeed
IP Address10.0.0.1
Username:Cisco
Password:Cisco
IP Address10.0.0.1
Username:highspeed
Password:cusadmin
 

Cara Login ke 10.0.0.1

Jika router kamu menggunakan IP 10.0.0.1, kamu bisa mengakses halaman login router dengan cara mengetik alamat IP tersebut ke URL atau address bar di aplikasi browser yang kamu gunakan.

Advertisement

1. Cari IP address router

  • Langkah pertama yang kamu harus lakukan adalah mencari IP. Jika IP 10.0.0.1 tidak bisa diakses, besar kemungkinan IP nya sudah diubah oleh admin jaringan.
  • Di Windows, buka command prompt ➡ lalu ketik ipconfig ➡ copy alamat IP di kolom Default Gateway ➡ paste alamat IP di URL atau address bar browser.
  • Di Mac, kalian bisa mengecek alamat IPnya dengan menggunakan perintah netstat atau di bawah system preferences.
  • Jika menggunakan LAN cek di kolom Ethernet adapter, jika menggunakan WiFi, cek di kolom Wireless LAN adapter

2. Login ke router

  • Jika masalah IP terselesaikan, sekarang tinggal login dengan akses login yang kalian miliki. Jika data username dan password di atas gagal, silahkan lakukan hard reset.
  • Pastikan juga alamat IP yang kamu gunakan memang betul angka semua (10.0.0.1) bukan dengan gabungan alfabet (10.0.0.l)
  • Jika masalah akses IP router masih tidak menampilkan halaman login, coba beri tulisan http:// menjadi http://10.0.0.1.

3. Reset konfigurasi router

  • Apabila masalah tak kunjung selesai dan malah menambah masalah baru, me-reset router jauh lebih efisien ketimbang men-setting-nya satu persatu lagi.
  • Tekan tombol reset pada fisik router sekitar 15 – 30 detik untuk menjalankan perintah reset. Router akan reboot dan secara otomatis akan mengembalikan pengaturan nya ke default settings.
 

Tentang IP 10.0.0.1

Setiap perangkat yang terhubung ke sebuah jaringan akan diberikan device ID, dan Network IDnya mengikuti dari pengaturan router. Jadi, jika kita terhubung ke jaringan dengan Network ID 10.0.0 maka alamat IP akan mengikut, misalnya 10.0.0.5 dan seterusnya.

Meski terlihat berbeda dari IP pada umumnya, alamat IP ini merupakan alamat IP default untuk banyak perangkat broadband routers, termasuk Cisco dan Infinity. Dan mungkin kalian salah satu penggunanya.

Advertisement

Walaupun digunakan sebagai alamat IP default router oleh brand tertentu, bukan berarti kita tidak boleh menggunakannya. IP 10.0.0.1 juga bisa kita terapkan untuk penggunaan personal, misalnya dengan bantuan MikroTik.

Alamat IP yang mudah dan simple untuk diingat juga tak luput dari kesalahan IP address conflict. Jika kamu menggunakan router lebih dari 1 di rumah, ada kemungkinan terjadinya error ini. Untuk menghindarinya, gunakan IP Static agar tidak konflik satu dengan lainnya.

Advertisement

 

Brand yang Menggunakan IP 10.0.0.1

Jika menggunakan cara tradisional untuk jaringan bisnis dengan perangkat banyak, IP ini sering digunakan. Beberapa brand di bawah ini, menggunakan alamat IP 10.0.0.1 sebagai IP default perangkat mereka, yaitu:

  • Arris
  • Aztech
  • Cisco
  • SMC
  • Technicolor

Jangan lupa, kesalahan penulisan IP 10.0.0.1 menjadi 10.0.0.l atau l0.0.0.1 bisa menghasilkan output yang berbeda, jika halaman web tak terbuka, gunakan http://10.0.0.1 di URL atau address bar browser kamu.

X

Advertisements