192.168.0.1

Untuk membuka halaman login silahkan ketik alamat IP 192.168.0.1 di URL web browser yang kamu gunakan, atau tekan tombol di bawah ini.

Note: Jika tombol di atas tidak berhasil artinya default gateway yang digunakan bukanlah alamat ip tersebut, dan kalian hanya bisa membuka halaman login router jika masuk ke jaringan yang sama.

Penulisan IP yang salah adalah 192.168.0.l

 

Default Login untuk 192.168.0.1

IP Address192.168.0.1
Username:admin
Password:admin
IP Address192.168.0.1
Username:admin
Password:password
IP Address192.168.0.1
Username:
Password:admin
IP Address192.168.0.1
Username:
Password:Admin
IP Address192.168.0.1
Username:admin
Password:

*Jika kalian pengguna IndiHome coba gunakan data login di atasini, tetapi ada kemungkinan username sudah di-update oleh teknisi tiap daerah tinggal kamu.

 

Langkah-Langkah Login

Setelah kalian masuk ke login router admin melalui http://192.168.0.1, sangat mungkin untuk mengubah pengaturan dasar beserta konfigurasi penting dan default password, caranya:

  1. Masukkan alamat 192.168.0.1 ke URL atau address bar di web browser kamu. Pastikan kamu tidak mengetik alamatnya dengan campuran huruf, seperti 192.168.0.l ataupun 192.168.o.l.
  2. Setelah halaman login muncul, masukkan username dan password default yang tersedia. Untuk jaga-jaga, lihat bagian bawah router untuk melihat default user loginnya.
  3. Setelah login, kalian bisa masuk bagian konfigurasi yang kalian perlukan dan atau mengganti data login default
 

Konfigurasi Router

Di bawah ini beberapa informasi penting sehubungan dengan konfigurasi router yang kamu gunakan, tentunya agar dapat mengatur hal penting di router, kamu harus memiliki akses admin.

Mengubah data login

  • Hal pertama yang bisa kamu lakukan setelah memiliki hak akses dan mengubah konfigurasi router adalah mengubah username dan password untuk login. Hampir semua router memiliki prosedur yang sama, yaitu masuk ke router ➡ login ke router ➡ ganti data login.

Mengganti alamat ip router

  • Untuk menjaga keamanan, biasanya admin jaringan mengubah alamat ip. Tetapi kalian sudah harus masuk ke dalam router untuk melakukan ini. Sebagai contoh misalnya, kalian bisa mengganti alamat ip router os melalui WinBox di kolom IP ➡ Addresses.

Mengatur traffic untuk anak-anak

  • Tujuan dari melakukan konfigurasi parental control adalah agar traffic dapat dipantau, sehingga anak-anak tidak membuka situs yang dilarang. Melakukan filter terhadap ip, situs yang diblokir dan konten berbahaya lainnya dapat kita atur di sini.

Melakukan reset pada router

  • Jika kalian di kondisi kehilangan password untuk login, dan tidak tau ip yang digunakan sebagai gateway, gunakan command prompt untuk mengecek lalu reset router. Umumnya, admin jaringan akan mereset router jika konfigurasi sudah terlalu kacau.

Membatasi perangkat yang terhubung.

  • Pemilik router biasanya terganggu dengan pengguna asing yang masuk ke router, dengan mengontrolnya menggunakan fitur MAC Address filter, kita bisa memblacklist pengguna asing yang mengambil bandwidth kita.
 

Apa itu IP 192.168.0.1

Seperti penjelasan IP lainnya, pada ip 192.168.0.1 terdapat 2 bagian yang dapat kita temukan, pertama yaitu Network ID dan Device ID. Tetapi, ada lagi istilah lain yang sering digunakan, yaitu private ip dan public ip.

Meski kita sering menggunakannya, kenapa ip 192.168.0.1 sangat populer? alamat ip ini bisa populer karena sering digunakan sebagai alamat default untuk broadband routers, biasanya Netgear atau D-link.

Setiap perangkat yang terhubung dengan jaringan akan diberikan alamat ip yang unik, jika kita terhubung ke Network ID 192.168.0 maka kita ip address kita akan berada di sekitar 192.168.0.2 ~ 192.168.0.253

 

Private IP vs Public IP

Setiap komputer memiliki alamat IP publik yang diberikan oleh penyedia jasa layanan internet kepada setiap penggunanya.

Alamat IP Publik – (Public IP Address)

Alamat IP publik adalah alamat IP yang digunakan untuk mengakses Internet. Alamat ip ini memungkinkan kita untuk mengontrol server pribadi (VPN, FTP, WEB, dll.), remote access dan lainnya. Semua server dan situs di Internet menggunakan alamat IP publik, misalnya Google.com (172.217.22.14)

Alamat IP Private – (Private IP Address)

Berbeda dengan dari Public IP, tidak ada traffic yang tidak dapat dikirim kepada mereka dari Internet, dan mereka seharusnya hanya bekerja dalam jaringan lokal.

Baik itu penggunaan skala besar atau hanya jaringan rumah kecil, router memberikan alamat IP pribadi yang terhubung ke jaringannya. Setiap perangkat yang menjadi bagian dari jaringan itu dapat terhubung satu sama lain menggunakan alamat IP pribadi ini.