192.168.0.102

Untuk membuka halaman login silahkan ketik alamat IP 192.168.0.102 di URL web browser yang kamu gunakan, atau buka halaman login router.

Note: Jika tombol di atas tidak berhasil artinya default gateway yang digunakan bukanlah alamat IP tersebut, dan kamu hanya bisa membuka halaman login router jika masuk ke jaringan yang sama.

 

Default Login untuk 192.168.0.102

IP Address192.168.0.102
Username:admin
Password:admin
IP Address192.168.0.102
Username:cisco
Password:cisco
IP Address192.168.0.102
Username:admin
Password:1234
IP Address192.168.0.102
Username:admin
Password:password
IP Address192.168.0.102
Username:admin
Password:motorola
 

Perbedaan lain antara alamat IP pribadi dan publik adalah alamat IP publik kemungkinan bisa berubah-ubah.

Seperti yang dinyatakan, setiap router di dunia membutuhkan alamat IP publik yang berbeda, sehingga ISP harus menggunakan alamat IP yang bersifat dinamis.

ISP mendistribusikan alamat IP yang tersedia untuk setiap penggunaan. Setelah pengguna terputus dari internet, alamat IP publik mereka akan diteruskan ke orang lain. Jika tidak dilakukan, ISP tidak akan memiliki cukup alamat untuk semua pelanggannya.

Cara Login ke 192.168.0.102

Pastikan browser yang kamu gunakan sudah memiliki versi up-to-date, terlepas aplikasi apapun yang kamu gunakan. Juga, perhatikan apakah perangkat yang digunakan masih mengandalkan IP Dynamic atau sudah tidak.

1. Temukan alamat IP router

  • Kamu bisa menemukan alamat IP untuk router, jika memang alamat aslinya 192.168.0.102 tapi tidak bisa diakses. Biasanya, IP diganti untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Lihat bagian belakang router, biasanya ada penjelasan IP gateway dan user password untuk masuk ke halaman konfigurasi.
  • Coba gunakan perintah ipconfig di command prompt, lalu copy alamat IP pada kolom Default Gateway yang sedang digunakan. Ketik IP dengan angka, bukan penggabungan seperti 192.168.0.l02
  • Periksa juga apakah komputer menggunakan setting-an IP dynamic atau tidak via Network and Sharing Center

2. Login router dengan user yang berlaku

  • Setelah menemukan IP router, hal yang kalian tinggal lakukan adalah login ke router agar mendapatkan hak akses penuh untuk mengontrol router.
  • Hati-hati dalam memasukkan data login karena router biasanya akan memblokir pengguna yang memaksa masuk lebih dari 3x atau 5x salah username.
  • Jika tidak ada username atau password yang bisa digunakan di atas, coba lakukan hard reset. Tapi jangan lakukan reset jika kamu mendapat router dari ISP karena konfigurasinya akan hilang.

3. Lakukan konfigurasi pada router

  • Di sini, kamu bisa mengatur WLAN, Ethernet hingga blacklist hak akses pada device mencurigakan yang terhubung ke jaringan router.
  • Kamu juga bisa melakukan reboot melalui router, tanpa harus menekan tombol fisik jika memiliki hak akses. Reboot banyak menyelesaikan masalah, terutama ketika internet lambat.
  • Untuk blacklist perangkat, kalian bisa blokir mereka menggunakan MAC-Address filter, agar yang diblokir perangkatnya

4. Periksa koneksi internet

  • Tentunya, kalian harus lihat apakah indikator LED pada router di bagian internet menyala atau dalam keadaan mati, hal ini yang paling bisa dicek bahkan oleh awam.
  • Periksa apakah ada IP conflict yang terjadi di dalam konfigurasi router, jangan coba ganti setting an jika kalian menggunakan router yang diberikan dari ISP
 

Troubleshoot untuk IP 192.168.0.102

Seringkali saat mengakses IP router, banyak masalah yang tiba-tiba muncul, meskipun komputer, laptop atau perangkat yang lainnya normal. Apakah kesalahan ini full karena error pada router? belum tentu, lihat teori ini:

1. Periksa Kabel Ethernet

Jika kalian menggunakan kabel RJ45 atau kabel LAN, periksa apakah kabel tersebut memang terhubung dengan baik. Perhatikan indikator LED yang menyala pada router dan pada port di motherboard komputer kamu.

Meskipun hanya longgar, koneksi antara komputer dengan router bisa putus-putus dan menyebabkan error yang sering muncul. Adanya notifikasi limited access juga kadang terselesaikan dengan memperbaiki atau mengganti kabel.

Advertisement

2. Apakah router bekerja normal

Router yang terlalu lama tidak digunakan, lalu tiba-tiba mendapatkan tenaga arus listrik mungkin tak bermasalah, tapi periksa kembali apakah ada error pada LED indikator, apakah ada beberapa lampu yang harusnya menyala tapi tidak? bisa jadi aliran listriknya terputus.

Jika ya, pastikan kamu menulis alamat IP bukan dalam bentuk campuran huruf seperti 192.168.0.l02 di URL atau address bar kamu, coba copy http://192.168.0.102 lalu paste ke browser kamu

3. Reboot / Restart router

Tak banyak yang bisa kamu lakukan jika memang background kamu bukanlah orang yang memahami dunia jaringan. Me-restart router mungkin hal pertama yang bisa kamu lakukan, tetapi jangan asal reboot. Coba tips ini:

  • Cabut kabel Ethernet dan semua kabel pendukung yang terhubung ke router sebelum dimatikan.
  • Matikan router jika ada indikasi masalah yang akan atau sedang muncul di komputer. Bila perlu, restart komputernya juga.
  • Nyalakan router setelah beberapa menit berlalu, jangan langsung colok kabel ke router di saat-saat ini.
  • Pasang kabel ke komputer terlebih dahulu, lalu pasang ke router. Jika masih bermasalah, lakukan hard reset.
 

Alamat IP 192.168.0.102 adalah alamat IP lokal, pribadi, atau gateway. Alamat IP 192.168.0.102 adalah alamat router yang digunakan perangkat komputer yang terhubung ke jaringan untuk mengirim permintaan data melalui internet.

Router juga memiliki alamat IP publik. Alamat IP publik digunakan oleh ISP dan situs web apa pun yang dikunjungi, untuk menyampaikan informasi dari situs web yang dikunjungi ke router, router akan mengirimkan data itu kembali ke komputer melalui alamat IP pribadi.

Beberapa brand yang menggunakan IP 192.168.0.102 / 192.168.0.l02 seperti:

BrandUsername / Password
4ipnetAdmin / Admin
AboComAdmin / admin or password
Acctonroot / (none)
AcelinkAdmin / Admin
ActiontecAdmin / password
Adbadmin / admin or password
AddTronroot / (none)
Airlink+admin / admin
AT&T UverseRefer to sticker / Refer to sticker
Apple Airport(empty) / public
ASUSadmin / admin
Arrisadmin / password
Belkin(blank) / (blank)
CenturyLink Zyxeladmin / motorola
Cellspotadmin / password
Ciscocisco / cisco
D-Linkadmin / (empty)
Netgearadmin / password
Netgearadmin / 1234
TP-Linkadmin / admin
Linksys(blank) / admin
Ubiquitiubnt / ubnt
Ubeeuser / user
XFINITY from Comcastadmin / password
Zero One Technologyadmin / 0000
Zonetguest / guest
Zoomadmin / admin or zoomadsl
ZTEadmin / admin
ZyXELadmin / admin or 1234

192.168.0.102 adalah alamat IP pribadi yang umum digunakan, meskipun saat ini mungkin kamu tidak menggunakan alamat tersebut.

Jika 192.168.0.102 bukan alamat IP yang kamu gunakan, kamu bisa mencari model router yang kamu gunakan secara online untuk mencari info alamat IP default dari router.

Alamat IP juga dapat dicantumkan secara manual di fisik router. Jika metode tersebut tidak berhasil, kamu dapat menggunakan command prompt untuk menemukan alamat IP.

Layanan VPN dapat memberikan kenyamanan jika kamu mengkhawatirkan keamanan saat online.

Layanan VPN menyembunyikan alamat IP publik dari situs web (track). Sebaliknya, VPN menyediakan alamat acak yang dapat menunjukkan seakan kamu ada di negara lain

Advertisements

X

Advertisements