Cisco Router Login

Untuk membuka halaman login silahkan ketik alamat IP atau alamat situs web ini di URL web browser yang kamu gunakan, atau tekan angka IP.

Note: Jika alamat IP atas tidak berhasil artinya default gateway yang digunakan bukanlah alamat IP tersebut, dan kamu hanya bisa membuka halaman login router jika masuk ke jaringan yang sama.

 

Default Login untuk Router Cisco

IP Address10.0.0.1
Username:admin
Password:password
IP Address10.0.0.1
Username:Cisco
Password:Cisco
IP Address192.168.1.1
Username:cisco
Password:cisco
IP Address192.168.1.1
Username:admin
Password:admin
IP Address192.168.1.254
Username:admin
Password:1PTV-ADM1N
 

Cara Login ke Router Cisco

Pastikan browser yang kamu gunakan sudah memiliki versi up-to-date, terlepas aplikasi apapun yang kamu gunakan. Juga, perhatikan apakah perangkat yang digunakan masih mengandalkan IP Dynamic atau sudah tidak.

1. Temukan alamat IP router

  • Kamu bisa menemukan alamat IP untuk router, jika memang alamat aslinya 192.168.0.1 tapi tidak bisa diakses. Biasanya, IP diganti untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Lihat bagian belakang router, biasanya ada penjelasan IP gateway dan user password untuk masuk ke halaman konfigurasi.
  • Coba gunakan perintah ipconfig di command prompt, lalu copy alamat IP pada kolom Default Gateway yang sedang digunakan. Ketik IP dengan angka, bukan penggabungan seperti 192.168.l.1
  • Periksa juga apakah komputer menggunakan setting-an IP dynamic atau tidak via Network and Sharing Center

2. Login router dengan user yang berlaku

  • Setelah menemukan IP router, hal yang kalian tinggal lakukan adalah login ke router agar mendapatkan hak akses penuh untuk mengontrol router.
  • Hati-hati dalam memasukkan data login karena router biasanya akan memblokir pengguna yang memaksa masuk lebih dari 3x atau 5x salah username.
  • Jika tidak ada username atau password yang bisa digunakan di atas, coba lakukan hard reset. Tapi jangan lakukan reset jika kamu mendapat router dari ISP karena konfigurasinya akan hilang.

3. Lakukan konfigurasi pada router

  • Di sini, kamu bisa mengatur WLAN, Ethernet hingga blacklist hak akses pada device mencurigakan yang terhubung ke jaringan router.
  • Kamu juga bisa melakukan reboot melalui router, tanpa harus menekan tombol fisik jika memiliki hak akses. Reboot banyak menyelesaikan masalah, terutama ketika internet lambat.
  • Untuk blacklist perangkat, kalian bisa blokir mereka menggunakan MAC-Address filter, agar yang diblokir perangkatnya

4. Periksa koneksi internet

  • Tentunya, kalian harus lihat apakah indikator LED pada router di bagian internet menyala atau dalam keadaan mati, hal ini yang paling bisa dicek bahkan oleh awam.
  • Periksa apakah ada IP conflict yang terjadi di dalam konfigurasi router, jangan ganti setting-an bawaan dari ISP
 

Metode Reset 30-30-30 Cisco

Metode reset ini ampuh digunakan untuk hampir seluruh jenis router, sebelum kamu me-reset router Cisco, lakukan reboot terlebih dulu untuk mengetes router. Begini caranya:

1. Temukan tombol reset di router

Umumnya, kalian bisa menemukan tombol reset di bagian belakang tubuh router. Bisa berupa tombol atau pun lubang bertuliskan reset di dekatnya. Tapi dalam beberapa kasus, kabel power juga berperan di sini.

2. Tekan & tahan tombol reset

Saat router dalam kondisi menyala, tekan dan tahan tombol router selama 30 detik. Disaat yang bersamaan, matikan power dan tahan lagi selama 30 detik. Setelah 30 detik kondisi mati berlalu, nyalakan router dengan tetap menahan tombol reset selama 30 detik.

3. Setting ulang router Cisco

Untuk tetap menggunakan factory setting atau pengaturan bawaan, lewati bagian ini. Sangat disarankan untuk mengubah password Cisco untuk mengamankan jaringan.

Tapi, jika setelah menggunakan metode 30-30-30, jika router Cisco kamu masih bermasalah untuk login, besar kemungkinan terjadi kerusakan di sana. Dalam kasus ini, ada baiknya kamu meminta bantuan ke tempat kamu membeli.