TP-Link Router Login

Untuk membuka halaman login silahkan ketik alamat IP atau alamat situs web ini di URL web browser yang kamu gunakan, atau tekan angka IP.

Note: Jika alamat IP atas tidak berhasil artinya default gateway yang digunakan bukanlah alamat IP tersebut, dan kamu hanya bisa membuka halaman login router jika masuk ke jaringan yang sama.

 

Default Login untuk TP-LINK

IP Address192.168.0.1
Username:admin
Password:admin
 

Cara Login ke Router TP-Link

Mengubah username dan password terkadang dibutuhkan ketika kamu berada di lingkungan yang bisa membuat jaringan kurang aman. Tapi pertama, pastikan dulu kamu terhubung ke jaringan TP-Link untuk mengikuti panduan di artikel ini.

Note: Tutorial ini ditujukan untuk pengguna router TP-Link, tetapi ada kemungkinan bisa dilakukan ke router lain jika IP gateway yang digunakan sama.

1. Masuk ke jaringan TP-Link

Hal pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke jaringan TP-Link terlebih dulu, hal ini dilakukan agar kita bisa mengakses IP router, baik menggunakan kabel Ethernet maupun teknologi wireless. Kamu tidak bisa masuk ke halaman login router tanpa masuk ke jaringan yang sama.

2. Buka halaman login TP-Link di Browser

Buka browser kamu di komputer, smartphone, tablet ataupun laptop. Lalu ketik IP address ini ke URL atau address bar browser.

  • http://192.168.0.1
  • http:://192.168.0.254

Pastikan kamu tidak salah memasukkan angka dengan huruf, seperti 192.168.0.l atau alamat lainnya. Jika tidak ada IP yang bisa kalian akses dari artikel ini, coba cek di fisik router atau kemasan TP-Link yang kalian dapatkan.

3. Masukkan data login

Secara default, username dan password untuk masuk ke router Tp-link adalah admin. Jangan lupa kalau bagian password itu case-sensitive, jadi huruf besar dan kecil sangat penting untuk diperhatikan.

Kamu juga bisa menemukan data login router di bagian fisik router, setelah masuk barulah kalian bisa melihat halaman control panel atau web interface router TP-link.

 

Tips & Troubleshoot Router TP-Link

TP link merupakan salah satu manufaktur dengan kualitas router yang sangat baik. Meskipun begitu, tetap ada kemungkinan masalah yang bisa dialami oleh konsumen / pengguna.

1. TP-Link tidak berfungsi.

Hal yang paling umum untuk dilakukan guna mengatasi masalah ini adalah metode reset 30-30-30. Coba lakukan reset terhadap router, lalu sekali lagi hubungkan dan buka halaman login router TP-Link. Jika masalah masih berlanjut, barulah kita menghubungi penjual untuk perbaikan atau garansi.

2. Password router dibobol

Mengganti password TP-Link sebenarnya hal yang sangat mudah, dan cara yang paling aman untuk menjaga jaringan dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan password yang berisi huruf (besar & kecil), angka dan special character ($, %, &, #, ?).

 

Metode Reset 30-30-30 Router TP-Link

Metode reset ini ampuh digunakan untuk hampir seluruh jenis router, sebelum kamu me-reset router TP-Link, lakukan reboot terlebih dulu untuk mengetes router. Begini caranya:

1. Temukan tombol reset di router

Umumnya, kalian bisa menemukan tombol reset di bagian belakang tubuh router. Bisa berupa tombol atau pun lubang bertuliskan reset di dekatnya. Tapi dalam beberapa kasus, kabel power juga berperan di sini.

2. Tekan & tahan tombol reset

Saat router dalam kondisi menyala, tekan dan tahan tombol router selama 30 detik. Disaat yang bersamaan, matikan power dan tahan lagi selama 30 detik. Setelah 30 detik kondisi mati berlalu, nyalakan router dengan tetap menahan tombol reset selama 30 detik.

3. Setting ulang router TP-Link

Untuk tetap menggunakan factory setting atau pengaturan bawaan, lewati bagian ini. Sangat disarankan untuk mengubah password TP link untuk mengamankan jaringan.

Tapi, jika setelah menggunakan metode 30-30-30, jika router TP link kamu masih bermasalah untuk login, besar kemungkinan terjadi kerusakan di sana. Dalam kasus ini, ada baiknya kamu meminta bantuan ke tempat kamu membeli.