ZyXEL Router Login

Untuk membuka halaman login silahkan ketik alamat IP atau alamat situs web ini di URL web browser yang kamu gunakan, atau tekan angka IP.

Note: Jika alamat IP atas tidak berhasil artinya default gateway yang digunakan bukanlah alamat IP tersebut, dan kamu hanya bisa membuka halaman login router jika masuk ke jaringan yang sama.

 

Default Login untuk Router ZyXEL

IP Address192.168.1.1
Username:admin
Password:1234
IP Address192.168.1.1
Username:1234
Password:
IP Address192.168.1.1
Username:1234
Password:admin
IP Address192.168.200.1
Username:
Password:admin
IP Address192.168.1.1
Username:admin
Password:admin

Pengguna IndiHome lama juga pasti tau modem ini, default password untuk masuk ke router ZyXEL dari IndiHome adalah

  • IP: 192.168.1.254
  • Username: admin
  • Password: admin

atau

  • IP: 192.168.1.254
  • Username: support
  • Password: theworldinyourhand
 

Cara Login ke Router ZyXEL

Ikuti instruksi di bawah ini untuk masuk ke dalam Dashboard router yang kamu.

1. Hubungkan perangkat ke router

Hubungkan perangkat dengan jaringan yang sama dengan router, bisa menggunakan kabel Ethernet atau pun koneksi teknologi Wireless (Wifi). Sangat sarankan untuk menggunakan kabel agar terhindar dari masalah sinyal.

2. Buka browser dan masukkan IP router

Setelah perangkat yang ingin digunakan terhubung dengan jaringan yang sama dengan router, buka aplikasi browser lalu masukkan IP router ZyXEL. Pastikan kamu tidak memasukkan IP dalam bentuk campuran angka dan huruf, seperti 192.168.l.1, 192.168.l0.1 atau 192.168.l00.1

3. Login ke dalam router

Setelah halaman login terbuka, masukkan data username dan password ke router ZyXEL yang digunakan. Jika username dan atau password-nya salah, besar kemungkinan datanya telah diganti oleh admin jaringan atau teknisi ISP kamu.

 

Solusi Masalah untuk Router ZyXEL

Seringkali saat mengakses IP router, banyak masalah yang tiba-tiba muncul, meskipun komputer, laptop atau perangkat yang lainnya normal. Apakah kesalahan ini full karena error pada router? belum tentu, lihat teori ini:

1. Periksa Kabel Ethernet

Jika kalian menggunakan kabel RJ45 atau kabel LAN, periksa apakah kabel tersebut memang terhubung dengan baik. Perhatikan indikator LED yang menyala pada router dan pada port di motherboard komputer kamu.

Meskipun hanya longgar, koneksi antara komputer dengan router bisa putus-putus dan menyebabkan error yang sering muncul. Adanya notifikasi limited access juga kadang terselesaikan dengan memperbaiki atau mengganti kabel.

2. Apakah router bekerja normal

Router yang terlalu lama tidak digunakan, lalu tiba-tiba mendapatkan tenaga arus listrik mungkin tak bermasalah, tapi periksa kembali apakah ada error pada LED indikator, apakah ada beberapa lampu yang harusnya menyala tapi tidak? bisa jadi aliran listriknya terputus.

Jika ya, pastikan kamu menulis alamat IP bukan dalam bentuk campuran huruf seperti 192.168.1.l ataupun 192.168.1.i di URL atau address bar kamu, coba copy http://192.168.1.1 lalu paste ke browser kamu

3. Reboot / Restart router

Tak banyak yang bisa kamu lakukan jika memang background kamu bukanlah orang yang memahami dunia jaringan. Me-restart router mungkin hal pertama yang bisa kamu lakukan, tetapi jangan asal reboot. Coba tips ini:

  • Cabut kabel Ethernet dan semua kabel pendukung yang terhubung ke router sebelum dimatikan.
  • Matikan router jika ada indikasi masalah yang akan atau sedang muncul di komputer. Bila perlu, restart komputernya juga.
  • Nyalakan router setelah beberapa menit berlalu, jangan langsung colok kabel ke router di saat-saat ini.
  • Pasang kabel ke komputer terlebih dahulu, lalu pasang ke router. Jika masih bermasalah, lakukan hard reset.